SKIN SOLUTIONS

Perawatan untuk Kulit yang Mudah Berjerawat

26 May 2020

Terdapat beberapa faktor penyebab jerawat diantaranya produksi minyak yang berlebih, sumbatan pada folikel rambut, hormon serta infeksi bakteri. Kamu bisa mengurangi jerawat dengan mencegah faktor-faktor penyebab jerawat tersebut. Sementara kebersihan wajah, kebiasaan tidur, pola makan, dan penggunaan make up menjadi faktor eksternal yang paling sering menyebabkan jerawat.

Menjaga kebersihan kulit wajah

Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan wajah dengan rajin mencuci muka sebanyak 2-3x sehari dengan produk yang memiliki kandungan BHA (khususnya asam salisilat) atau PHA jika kulit wajahmu lebih kering.

Sebelum mencuci wajah dengan sabun, terlebih dahulu menggunakan milk cleanser atau make up remover. Tambahkan penggunaan toner, untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang tidak terangkat pada saat mencuci wajah.

Memilih produk yang cocok dan berbahan dasar gel

Untuk kulit yang cenderung berminyak sebaiknya gunakan produk-produk bertekstur gel atau lotion, sehingga tidak merangsang kelenjar minyak untuk lebih aktif. Jika ragu dengan produk yang saat ini digunakan, dapat berkonsultasi kepada doktermu sehingga tidak salah memilih produk. Hindari produk-produk yang dapat menyebabkan iritasi kulit, karena akan menambah parah jerawatmu.

Jangan memencet jerawat

Hindari memencet dan menyentuh jerawat karena tidak hanya memencet dengan paksa, menyentuh jerawat pun dapat menyebabkan iritasi dan memperburuk kondisinya. Bakteri yang terdapat pada jari dan kuku akan meningkatkan risiko terbentuknya jerawat baru dan menimbulkan bekas luka. 

Asupan nutrisi yang baik dan hindari makanan dengan indeks glikemi tinggi 

Makanan dengan indeks glikemi tinggi l seperti nasi putih, mie instan, dan makanan manis dapat merangsang peradangan pada kulit. Selain itu, kelompok makanan ini juga bisa memperbesar kelenjar minyak sehingga akan meningkatkan resiko terjadinya jerawat. Kurangi konsumsi makanan dengan indeks glikemi tinggi untuk mengurangi resiko terjadinya jerawat.

Asupan air yang cukup juga penting dalam pengobatan jerawat. Meningkatkan asupan air adalah cara yang mudah untuk menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik sekaligus meningkatkan aliran darah secara keseluruhan, sehingga dapat mendukung penyembuhan jerawat.

Konsultasikan ke dokter

Jika sudah mencoba berbagai cara namun jerawat tidak kunjung membaik, sebaiknya berkonsultasi ke dokter untuk mendapat penanganan yang tepat.

 

Penulis: dr. Ariana S. Soejanto, AAM