BEAUTY INSPIRATIONS

Perawatan Kulit Menjelang Pernikahan

24 November 2020

Ketika mempersiapkan pernikahan, tentu saja sangat banyak yang harus dipersiapkan! Seringkali saking sibuknya mempersiapkan dekorasi, katering, undangan, pasangan calon pengantin lupa untuk memperhatikan kesehatan kulit wajah dan tubuh. Sebelum memikirkan tentang makeup, sebaiknya fokus terhadap kesehatan kulit. Foto-foto pernikahan akan menjadi kenangan yang akan terus menerus dikenang seumur hidup, jadi pastikan kulit kita dalam keadaan sehat dan glowing saat acara pernikahan.

Tips ini tidak hanya berlaku untuk CPW saja loh, tapi juga untuk CPP. Jika para pria sering cuek pada penampilan, sebaiknya pasangannya yang mengingatkan dan mengajak melakukan perawatan bersama.

6 Bulan sebelum Pernikahan

⁃ Perhatikan masalah wajah yang kamu alami, kunjungi dokter atau klinik kecantikan tepercaya untuk mengatasi masalah jerawat, bekas jerawat atau kemerahan dan segera temukan solusinya. Mencoba klinik atau tempat perawatan bahkan produk skin care yang baru sebaiknya dilakukan jangan terlalu dekat dengan hari H, karena tentu saja di setiap tempat dan tindakan memiliki resiko ketidak-cocokan atau reaksi setelah treatment yang mungkin saja terjadi. Jadi pastikan waktu masih cukup untuk menjalani proses pengobatan ataupun perawatan. Pastikan bahwa sudah menginformasikan dokter atau terapis tanggal pernikahannya, sehingga dapat diperhitungkan perawatan yang bisa dilakukan.

⁃ Jika dokter menyarankan untuk melakukan tindakan yang invasif seperti laser, peeling, dermaroller atau bahkan filler dan botox, lakukan minimal 6 bulan sebelumnya. Beberapa treatment memerlukan down time untuk penyembuhan sebelum menghasilkan kulit yang baik. Lebih baik terlihat jelek beberapa saat sebelumnya kan dibandingkan saat mendekati hari H?

⁃ Mulai menggunakan tahapan skincare yang rutin di rumah. Sabun, Toner, Moisturizer, Sunblock dan Night Cream merupakan step dasar yang harus digunakan. Gunakan serum wajah jika diperlukan.

⁃ Lakukan IPL Hair Removal. Menghilangkan bulu di bagian-bagian tertentu pada tubuh secara permanen membutuhkan waktu yang tidak instant, biasanya perlu 4-5x treatment dengan jarak minimal 4 minggu untuk menghilangkan bulu dengan IPL (Intensed Pulse Light). Bagian mana saja yang penting? Upper lips, atau terkadang full face, supaya saat diberi make up, tidak terganggu oleh bulu di wajah, underarms, dan tentu saja bikini line untuk para CPW.

⁃ Jangan lupa dengan perawatan tubuh, jika ingin mengurangi lemak di bagian-bagian tertentu dan mengencangkan area-area tubuh, dapat dimulai dari sekarang. Perhatikan pola makan dan mulai berolahraga untuk menjaga bentuk tubuh.

3 Bulan sebelum Pernikahan

⁃ Kurangi konsumsi dairy product (susu, keju dan coklat). Step ini akan sangat membantu menyehatkan kulit wajah. Khususnya untuk yang memiliki wajah berminyak dan cenderung berjerawat.

⁃ Tambahan perawatan chemical peeling pada jadwal facial bulanan. Peeling dapat membantu mengurangi kerutan halus, mencerahkan wajah dan menghilangkan jerawat

⁃ Mulai beri asupan antioksidan yang sangat penting untuk menjaga daya tahan tubuh dan juga sebagai bonus, akan memberikan efek kulit yang lebih cerah.

3 Minggu sebelum Pernikahan

⁃ Lakukan treatment laser rejuvenation atau chemical peeling 3 minggu sebelum pernikahan. Agar masih ada cukup waktu untuk recovery dan saat hari H adalah saat terbaik kulit setelah penyembuhan.

1 Minggu sebelum Pernikahan

⁃ Lakukan perawatan yang merelaksasikan kulit wajah, totok wajah dan massage akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah sehingga kulit yang telah dirawat akan terlihat glowing saat hari H.

⁃ Krim pengelupasan dan regenerasi sudah saatnya distop pemakaiannya

⁃ Mulai gunakan masker brightening di rumah, dengan syarat sudah pernah mencoba masker tersebut sebelumnya (tidak ada alergi). Jangan mencoba-coba perawatan atau skincare baru di waktu sedekat ini ya.

Hari H

⁃ Oksigen spray. Sebelum di-make-up pastikan make-up artist mu memberikan spray oksigen supaya make-up lebih terlihat glowing dan tahan lebih lama.

⁃ Jangan lupa gunakan moisturizer untuk wajah dan juga tubuh, khususnya di tangan. Saat resepsi kita akan bersalaman dengan banyak orang kan?

 

Penulis: dr. Ariana S. Soejanto, AAM