SKIN SOLUTIONS

Tips Perawatan Berbagai Jenis Kulit

13 August 2020

Terdapat 5 jenis kulit manusia yaitu kulit kering, kulit berminyak, kulit normal, kulit kombinasi, dan kulit sensitif. Jenis kulit tersebut ditentukan oleh kandungan air dan minyak dalam kulit, serta tingkat sensitivitas kulit. Jenis kulit dapat berubah seiring pertambahan usia, pengaruh lingkungan, dan faktor lainnya. Berikut beberapa tips perawatan kulit sesuai jenis kulit:

A. Kulit Normal

Kulit normal ditandai oleh pori-pori yang tidak terlihat, tampak bercahaya, lembut dan halus, tidak sensitif, tidak terlalu berminyak dan tidak terlalu kering. Untuk jenis kulit normal, tidak ada tips perawatan khusus, namun disarankan untuk tetap menggunakan moisturizer berbahan dasar air yang tidak terasa berminyak dan biasanya mengandung ekstrak silikon misalnya, siklometikon. Disarankan pula untuk menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan mencegah timbulnya kerutan.

B. Kulit Kering

Kulit Kering ditandai oleh pori-pori yang hampir tidak terlihat, terasa kencang saat disentuh, sering mengalami iritasi dan bersisik, kadang-kadang gatal dan terasa sakit, memiliki banyak garis halus yang tidak terlihat, serta tampak kusam dan kasar.

Tips perawatan untuk kulit kering, yaitu:

  1. Gunakan moisturizer berbahan dasar minyak. Untuk kulit yang sangat kering dan pecah-pecah, disarankan untuk menggunakan moisturizer berbahan dasar petrolatum.
  2. Gunakan pembersih wajah dan sabun mandi dengan kandungan susu, lembut dan bebas kandungan sabun
  3. Hindari pemakaian produk kecantikan yang mengandung alkohol, pengharum, retinoid, and AHA
  4. Gunakan moisturizer segera setelah mencuci muka dan mandi
  5. Hindari mandi lebih dari sekali sehari. Gunakan sarung tangan jika menggunakan produk pembersih, misalnya detergen.

C. Kulit Berminyak

Kulit berminyak ditandai oleh pori-pori yang besar, tampak kusam, tebal, dan berminyak. Zona “T” pada area wajah yaitu dagu, hidung, dan dahi, tampak berminyak.

Beberapa tips perawatan untuk kulit kering, yaitu:

  1. Gunakan moisturizer dan sunscreen berbahan dasar air dan noncomedogenic.
  2. Gunakan pembersih kulit yang lembut dan bebas sabun. Jangan menggosok kulit.
  3. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar air dan noncomedogenic, serta mengandung salicylic acid atau benzoyl peroxide
  4. Bersihkan kulit maksimal dua kali sehari
  5. Hindari memencet jerawat karena dapat memperpanjang waktu penyembuhan jerawat.

D. Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi ditandai oleh adanya kulit wajah yang berminyak pada area “T” yaitu, dagu, hidung, dan dahi, namun kering pada area lain yaitu pipi, mata, dan sekitar mulut.

Tips perawatan untuk kulit kombinasi disarankan untuk menggunakan pembersih yang bersifat ringan untuk mengurangi hilangnya minyak  pada kulit.  Disarankan pula untuk menggunakan sunscreen lotion berspektrum luas dengan kandungan yang beragam. Untuk mencegah timbulnya garis halus dan memperbaiki tekstur kulit, serta untuk membantu mencerahkan area yang gelap,  disarankan untuk menggunakan krim retinol yang dijual bebas atau krim tretinon yang diresepkan. Namun, penggunaan krim tretinon harus diimbangi dengan penggunaan moisturizer untuk mengimbangi terjadinya kekeringan atau pengelupasan pada kulit.

E. Kulit Sensitif

Kulit sensitif biasanya ditandai oleh kulit yang tampak merah, gatal, terbakar dan kering. Hal tersebut seringkali berhubungan atau disebabkan oleh gangguan kulit tertentu, seperti rosacea, eczema, dan alergi. Untuk kulit sensitif, gunakan produk yang mengandung bahan-bahan menenangkan, misalnya chamomile, aloe vera, dan polyphenol pada teh hijau,  serta tidak mengandung bahan-bahan yang berpotensi menyebabkan alergi, misalnya pewangi atau pewarna, sabun dan alkohol.

Gunakan moisturizer berbahan dasar krim pada pagi hari untuk mengurangi iritasi pada kulit. Hindari produk yang mengandung acid, misalnya lipoic acid, glycolic acid and salicylic acid karena dapat menyebabkan iritasi kulit.

Selain beberapa tips perawatan kulit sesuai jenis kulit tersebut, terdapat pula beberapa tips perawatan dasar yang dapat dilakukan agar memiliki kulit yang sehat, yaitu:

  1. Bersihkan muka secukupnya, terlebih sebelum tidur
  2. Minum air putih agar kulit senantiasa terhidrasi
  3. Jangan merokok
  4. Gunakan sunscreen yang dapat menangkal radiasi UVA dan UVB
  5. Hindari paparan matahari langsung dengan menggunakan topi dan kacamata
  6. Gunakan moisturizer atau pelembab.

 

Referensi:

  1. Daliman, Jebra. 2016. Skin Types and Care: Normal, Dry, Oily, Combination, Sensitive. https://www.webmd.com/beauty/whats-your-skin-type#1, diakses pada 5 November 2018.
  2. Mayo Clinic Staff. 2016. Moisturizers: Options for Softer Skin. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/dry-skin/in-depth/moisturizers/art-20044232, diakses pada 5 November 2018.
  3. Saving face 101: How to Customize Your Skin Care Routine with Your Skin Type. https://www.aad.org/media/news-releases/saving-face-101-how-to-customize-your-skin-care-routine-with-your-skin-type, diakses pada 6 November 2018.